Tautan-tautan Akses

Acara Olahraga Terbesar Amerika Menarik Perhatian Media Dunia


Acara olahraga terbesar Amerika - Super Bowl - memiliki banyak pengikut global. Penonton dari seluruh belahan dunia akan menyaksikan pertandingan kejuaraan futbol Minggu ini antara Denver Broncos dan Seattle Seahawks.

Super Bowl tahun adalah Super Bowl pertama yang diadakan di luar ruangan di musim dingin dalam sejarah NFL - tahun ini diadakan di stadion MetLife di New Jersey, di luar New York. Ada sedikit hiruk pikuk Rabu lalu di Newark, New Jersey.

Super Bowl adalah acara olahraga terbesar Amerika, tapi bukan hanya penggemar lokal yang menginginkan liputan pertandingan tersebut.

"Super Bowl adalah acara bagus untuk kami, acara yang dikenal di seluruh dunia. Bahkan walaupun bukan penggemar NFL, mereka tahu Super Bowl," ujar David Tossell dari NFL International. "Super Bowl adalah kesempatan bagus untuk kita menunjukkan apa itu NFL dan juga untuk menjangkau penonton baru di seluruh dunia."

Stadion MetLife
Fokus global

Stadion New Jersey penuh dengan media dari berbagai belahan dunia sebelum pertandingan utama ditayangkan ke lebih dari 200 negara. Lebih dari 500 penyiar internasional terdaftar untuk meliput acara tersebut. Beberapa orang mengatakan pada VOA bahwa Super Bowl menarik minat penonton di negara mereka.

“Rating Super Bowl bagus di bar olahraga Moscow, semua bar olahraga penuh,” kata Dmitri Khaitovsky, komentator olahraga Rusia.

“Di Inggris dan seluruh Eropa futbol Amerika telah ditayangkan selama beberapa dekade. Baru sekarang ada lebih banyak perhatian dari NFL untuk mengadakan pertandingan di stadion Wembley," ujar Cecil Martin, dari Sky TV di Inggris.

"Di Meksiko, [Pittsburgh] Steelers, [Dallas] Cowboys, dan juga Denver Broncos, 49ers San Francisco, adalah empat atau lima tim yang sangat populer di negara kami," ujar Luis Garcia dari Mexican TV.

Manning populer di Jepang

Bukan hanya tim futbol yang terkenal di luar negeri, banyak superstar NSL yang juga terkenal. Peyton Manning, quarterback atau gelandang dari Denver Broncos, punya banyak penggemar di Jepang.

"Ia cukup populer. Cukup terkenal. Kami tertarik untuk melihat penampilannya melawan Seahawks,” kata Yuki Makino dari televisi NHK di Japan.

Dengan perkiraan satu juta penggemar seluruh dunia yang menonton Super Bowl, NFL mungkin siap untuk memperluas wiralaba ke negara lain.

“Sudah ada banyak diskusi tentang apakah kami akan membuka waralaba di London," kata Tossell. "Komisioner juga sudah bicara tentang hal itu dan mengatakan kalau acara ini semakin populer di Inggris, kami harus memberikan perhatian."
XS
SM
MD
LG