Tautan-tautan Akses

AS

Acara Michael J. Fox Tunjukkan Sisi Humor Pergulatan Melawan Parkinson


Produser eksekutif dan aktor utama Michael J. Fox dalam jumpa pers untuk serial komedi "The Michael J. Fox Show" di California (27/7). (Reuters/Phil McCarten)

Produser eksekutif dan aktor utama Michael J. Fox dalam jumpa pers untuk serial komedi "The Michael J. Fox Show" di California (27/7). (Reuters/Phil McCarten)

Serial komedi "The Michael J. Fox Show" ingin membangkitkan tawa sambil memperlihatkan kehidupan sehari-hari penderita Parkinson.

Aktor Michael J. Fox mengatakan ia ingin menggugah tawa dan realitas mengenai kehidupan sehari-hari penderita Parkinson dalam serial komedi baru yang ditayangkan stasiun televisi NBC di AS.

Didasarkan pada kehidupan Fox sendiri, acara tersebut merupakan peran utama pertamanya dalam 13 tahun terakhir.

Dalam “The Michael J. Fox Show," aktor tersebut memainkan seorang ayah penderita Parkinson yang kembali bekerja sebagai pembawa berita NBC di New York. Ia terkejut saat keluarganya ternyata lega ia akhirnya keluar dari rumah.

Acara itu didasarkan pada pengalaman pribadi Fox untuk membangkitkan tawa dan memberikan penonton informasi seperti apa kehidupan sehari-hari penderita Parkinson, gangguan syaraf yang menyebabkan tremor. Pada salah satu adegan, polisi bersenjata muncul di rumah karakter tersebut setelah tangannya yang gemetaran tanpa sengaja menelepon angka darurat 911.

“Realitas dari Parkinson adalah terkadang membuat frustrasi, terkadang lucu,” ujar Fox, 52, pada akhir pekan lalu.

Acara itu tidak akan menampilkan humor yang gelap, ujarnya, karena ia tidak melihat penyakitnya seperti itu.

“Di permukaan, tidak ada yang mengerikan dari seseorang dengan tangan yang bergetar,” ujarnya.

“Tidak ada sesuatu yang mengerikan dari seseorang dalam hidupnya mengatakan, ‘Tuhan, saya lelah dengan tangan yang bergetar ini’ dan saya menjawab, ‘Saya juga.’ Itu realitas.”

Acara itu akan mulai ditayangkan 26 September.

Fox yang kelahiran Kanada menarik perhatian penonton pada 1980an karena perannya sebagai Alex P. Keaton yang konservatif dalam serial komedi NBC “Family Ties,” dan sebagai penjelajah remaja Marty McFly dalam film-film "Back to the Future".

Ia kemudian membintangi komedi politik “Spin City,” namun semi pensiun dari akting pada 2000 karena gejala-gejala Parkinsonnya memburuk dan ia memfokuskan upayanya pada riset untuk kesembuhan dari penyakit itu.

Fox mengatakan bahwa penampilannya sebagai bintang tamu dalam acara seperti “The Good Wife” membuatnya ingin lebih banyak berakting. Ia mengatakan obat-obatan telah membantunya mengendalikan gejala-gejala dan ia merasa siap berkomitmen untuk peran utama. NBC sudah memesan 22 episode untuk acara baru tersebut.

Parkinson akan berkurang kadarnya dalam episode-episode berikutnya, ujar Fox. Istri Fox, yang juga bermain di “Family Ties”, Tracy Pollan, akan tampil dalam acara ini. Istri dalam acara ini dimainkan oleh aktris dari serial “Breaking Bad”, Betsy Brandt.

Gubernur New Jersey Chris Christie juga akan menjadi bintang tamu dalam salah satu episode, bermain sebagai dirinya sendiri. (Reuters/Lisa Richwine)
XS
SM
MD
LG