Tautan-tautan Akses

Aborigin Kanada Umumkan Keadaan Darurat setelah 11 Upaya Bunuh Diri


PM Justin Trudeau menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat suku asli di Kanada (foto: dok).

PM Justin Trudeau menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat suku asli di Kanada (foto: dok).

Masyarakat Aborigin dari komunitas Attawapiskat First Nation di Ontario mengumumkan keadaan darurat itu hari Senin (11/4).

Masyarakat Aborigin dari komunitas Attawapiskat First Nation di Ontario mengumumkan keadaan darurat setelah 11 anggota masyarakatnya mencoba melakukan bunuh diri pekan lalu.

Dua puluh delapan upaya bunuh diri dilaporkan bulan lalu dalam komunitas di Kanada bagian Utara ini yang berpenduduk 2 ribu orang.

Kepala masyarakat itu Bruce Shisheesh hari Senin (11/4) mengunggah pesan tweet bahwa pihak berwenang departemen kesehatan Kanada menerbangkan sebuah tim krisis yang terdiri dari para perawat kesehatan mental dan pekerja sosial. Departemen Kesehatan Kanada juga mengatakan telah mengirim dua spesialis kesehatan mental sebagai bagian dari tim tersebut.

Perdana Menteri Justin Trudeau menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat suku asli, dengan menyatakan berita itu "menyedihkan" dalam pesan tweet hari Minggu.

Masyarakat Aborigin Kanada di Manitoba telah meminta bantuan federal bulan lalu setelah menyaksikan 140 upaya bunuh diri hanya dalam waktu dua pekan. [zb/jm]

XS
SM
MD
LG