Tautan-tautan Akses

Abe: KTT dengan Putin Diperlukan untuk Atasi Sengketa Wilayah


PM Jepang Shinzo Abe (kiri) saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, 29 April 2013 (foto: dok).

PM Jepang Shinzo Abe (kiri) saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, 29 April 2013 (foto: dok).

PM Jepang Shinzo Abe mengatakan perundingan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin perlu diadakan untuk mencapai perjanjian damai mengenai kepulauan di sebelah utara Hokkaido.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan perundingan KTT dengan Presiden Rusia Vladimir Putin perlu diadakan agar kedua negara itu bisa meraih perjanjian perdamaian.

Jepang dan Rusia tidak pernah menandatangani perjanjian perdamaian setelah Perang Dunia Kedua karena sengketa wilayah mengenai pulau-pulau di sebelah utara pulau Hokkaido.

Abe mengatakan kepada para wartawan hari Senin (4/1) bahwa kedua pemimpin itu sama-sama beranggapan bahwa ketiadaan perjanjian perdamaian adalah sesuatu yang “tidak normal.”

Dia juga mengatakan penting bagi Rusia untuk memainkan peranan konstruktif dalam memerangi terorisme dan krisis di Iran dan Suriah.

Abe mengatakan hubungan yang seringkali tegang dengan China dan Korea Selatan “mulai berangsur normal” setelah diadakannya KTT di Seoul dan dia berharap akan ada kemajuan lebih jauh. [vm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG