Tautan-tautan Akses

Abaikan Misil China, AS Terus Patroli di Laut China Selatan


Kapal induk AS USS Theodore Roosevelt (CVN 71) melakukan pelayaran di Laut China Selatan (foto: dok).

Kapal induk AS USS Theodore Roosevelt (CVN 71) melakukan pelayaran di Laut China Selatan (foto: dok).

Pejabat militer AS mengatakan, pengerahan misil oleh China di Laut China Selatan tidak akan mengakhiri patroli dan penerbangan oleh Amerika di sana.

Penempatan misil darat ke udara di Laut China Selatan telah mempersulit pertikaian teritorial di kawasan, tetapi pejabat mengatakan, hal itu tidaklah mengakhiri patroli dan penerbangan oleh Amerika.

“Kami memiliki kemampuan untuk melawan jenis misil darat ke udara ini,” kata pejabat pertahanan Amerika kepada VOA.

“Kami berada di Laut China Selatan untuk memperkuat tatanan utama dan menegakkan hukum internasional. Hal itu tidak berubah,” kata pejabat lain yang tidak mau disebutkan namanya kepada VOA.

Potret satelit yang diterbitkan minggu ini memperlihatkan misil darat ke udara canggih di pulau Woody di Laut China Selatan dan hal ini memprihatinkan Pentagon, demikian kata pejabat hubungan masyarakat Departemen Pertahanan Bill Urban.

Meskipun pembangunan kekuatan berlanjut, pejabat Amerika mendesak semua pihak di kawasan untuk menyelesaikan pertikaian teritorial mereka lewat diplomasi.

“Kami terus mendorong semua pihak yang punya klaim untuk memperjelas klaim mereka sesuai dengan hukum internasional dan berusaha memecahkan pertikaian secara damai,” demikian kata pejabat hubungan masyarakat Pentagon, Bill Urban. [jm]

XS
SM
MD
LG