Tautan-tautan Akses

Abaikan Ancaman Korut, Korsel dan AS Memulai Latihan Perang


Tentara Korea Selatan ikut serta dalam latihan militer anti-teror di Seoul, 18 Agustus 2014 (Foto: dok).

Tentara Korea Selatan ikut serta dalam latihan militer anti-teror di Seoul, 18 Agustus 2014 (Foto: dok).

Latihan tahunan tersebut selalu menimbulkan kemarahan Pyongyang, dan menyatakan bahwa Korea Utara memandang latihan itu sebagai latihan untuk penyerbuan besar-besaran terhadap Utara.

Korea Selatan dan Amerika Serikat telah memulai latihan militer tahunan mereka, walaupun Korea Utara mengancam akan melakukan pembalasan militer.

Sekitar 25 ribu tentara Amerika dan 50.000 tentara Korea Selatan turut dalam latihan Operasi Kebebasan Ulchi itu, yang sebagian merupakan simulasi. Latihan tahunan tersebut selalu menimbulkan kemarahan Pyongyang, dan menyatakan bahwa Korea Utara memandang latihan itu sebagai latihan untuk penyerbuan besar-besaran terhadap Utara, walaupun Seoul dan Washington sudah berkali-kali mengatakan bahwa latihan tersebut merupakan latihan pertahanan.

Pernyataan yang dikeluarkan hari Senin (22/8) oleh militer Utara mengatakan satuan-satuan penyerang pertamanya sudah siap untuk mengubah Amerika dan Washington “menjadi tumpukan abu melalui serangan nuklir penangkal gaya-Korea,” kalau kedaulatan Korea Utara terancam. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG