Tautan-tautan Akses

A Love Supreme, Ungkapan Pengalaman Religius John Coltrane


Pemain saksofon legendaris AS, John William Coltrane yang meninggal dalam usia 40 tahun (1926-1967).

Pemain saksofon legendaris AS, John William Coltrane yang meninggal dalam usia 40 tahun (1926-1967).

Pemain saksofon Amerika, John Coltrane mengungkapkan pengalaman religiusnya dalam sebuah komposisi musik jazz.

Banyak yang berpendapat John Coltrane adalah salah satu pemain saksofon terbesar sepanjang masa. Ia menciptakan dan memainkan lagu-lagu jazz dan membantu jazz moderen menjadi populer.

John Coltrane lahir tahun 1926 di negara bagian North Carolina. Ia kenal musik jazz melalui rekaman musisi jazz seperti Count Basie dan Lester Young. Ia mulai belajar saksofon pada umur 13 tahun dan belajar musik di Granoff Studios dan di Ornstein School of Music.

Tahun 1943 Coltrane bergabung dengan pemain terompet Dizzy Gillespie band. Tujuh tahun kemudian, Coltrane bergabung dengan band yang dibentuk pemain terompet Miles Davis.

Coltrane mulai bereksperimen dengan gaya baru dalam musik jazz. Ia menjelajahi banyak tehnik-tehnik baru dalam memainkan saksofon. Tidak semua orang menyukai dan memahami gaya baru ini. Tetapi ada juga yang mengatakan ini adalah ekspresi jiwa moderen dan merupakan perubahan penting. Musisi jazz, komposer dan musisi lainnya menyambut baik perubahan ini.

Selama tahun 1950-an, Coltrane kecanduan narkoba dan alkohol, sehingga ia dipecat dari bandnya. Tahun 1957, ia berhenti menggunakan narkoba.

John Coltrane merekam album pertamanya, berjudul “Giant Steps” tahun 1959. Coltrane juga merekam lagu “Stairway to the Stars” yang terkenal itu. Tahun 1960, Coltrane berpisah dengan Miles Davis dan membentuk grup band bersama pianis McCoy Tyner, basis Jimmy Garrison dan drumer Elvin Jones.

Musik John Coltrane yang paling terkenal direkam pada masa ini, termasuk lagu "My Favorite Things” yang dipakai dalam panggung musik Broadway "The Sound of Music". Rekaman lagu ini menjadi sangat populer dan membuat orang tertarik pada musik jazz.

Lagu jazz lain yang dipopulerkan oleh Coltrane adalah "Summertime" karya Du Bose Heyward dan George Gershwin untuk opera "Porgy and Bess."

Tahun 1964, Coltrane menikah dengan pianis Alice McCloud yang kemudian menjadi anggota band-nya. Ia berhenti minum alkohol dan menjadi taat beragama. Ia menciptakan lagu untuk merayakan pengalaman religiusnya berjudul “A Love Supreme” yang berdurasi 30 menit.

Coltrane tidak pernah membuat musiknya menjadi sederhana agar menjadi lebih populer. Ia terus berkarya dalam bidang bidang musik, bahkan ketika menderita kanker hati. Ia meninggal tahun 1967 dalam usia 40 tahun di Long Island, New York.

Para ahli di bidang seni musik mengatakan John Coltrane masih mempengaruhi jazz modern hingga sekarang. Beberapa kritikus musik mengatakan satu pengaruh Coltrane yang paling penting adalah penggunaan ide musik dari budaya lain, termasuk India, Afrika dan Amerika Latin.

XS
SM
MD
LG