Tautan-tautan Akses

Satu Tahun Tsunami 2006


Gempa bumi berkekuatan 8,9 pada Skala Richter (SR) yang disusul tsunami, 26 Desember 2004 mengakibatkan lebih dari 100 ribu jiwa penduduk meninggal dunia dan dinyatakan hilang di 13 kabupaten/kota di provinsi berjuluk Serambi Mekah itu.

Tragedi alam akhir tahun lalu itu juga mengakibatkan hampir 90 persen infrastruktur publik dan rumah penduduk, terutama wilayah terparah seperti Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Aceh Jaya dan Aceh Barat, hancur dan rusak parah.

Musibah alam gempa dan tsunami itu juga mengakibatkan lebih 500.000 jiwa penduduk NAD kehilangan tempat tinggal dan berada di lokasi-lokasi pengungsian.

Berikut laporan kami tentang kondisi NAD setahun setelah tragedi tsunami, disertai wawancara dengan ketua Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi, Kuntoro Mangkusubroto, hasil liputan reporter VOA Indonesia Patsy Widakuswara dan Ahadian Utama. Anda juga dapat menyimak kisah persahabatan antara Nada Lutfiyah, seorang anak asal Aceh, dengan Maggie Hamilton, siswi SD di kota kecil Charlevoix, Michigan, hasil liputan reporter VOA Indonesia Ade Astuti.

Selamat menyaksikan.


XS
SM
MD
LG