Tautan-tautan Akses

Paus Memberikan Berkah Paskah Kepada Puluhan Ribu Ummat di Vatican - 2005-03-27


Seri Paus Yohannes Paulus ke Dua tampil di jendela yang terbuka di kediamannya di Vatican hari Minggu ini, memberikan berkah Paskah tanpa suara kepada puluhan ribu ummat yang berhimpun di lapangan Santo Petrus. Hari Minggu ini, Seri Paus untuk yang pertama kalinya selama 26 tahun ia menjabat sebagai Seri Paus, tidak mengucapkan berkah Paskahnya Urbi et Orbi.

Seri Paus yang lahir di Polandia, mengenakan pakaian megah berwarna putih dan keemasan, memberikan berkah dengan isyarat tangan yang menandakan salib, dari jendela, selagi seorang asisten senior Kardinal Angelo Sodano, membacakan pesan Paskah Seri Paus kepada seluruh ummat Katolik Roma di seluruh Dunia. Seri Paus memegang naskah pesan Paskah itu dan mengikuti pembacaannya.

Dalam kerumunan orang banyak di lapangan Santo Petrus, banyak orang dengan tangan membuat tanda salib, dan mereka tersenyum ketika melihat wajah Seri Paus. Terdengar suara sorak-sorai ketika Seri Paus memberkahi mereka, dan sebagian di antara para umat menghapus air mata, ketika melihat Seri Paus yang berusia 84 tahun yang tidak dapat bersuara itu.

Seri Paus masih menjalani tahap penyembuhan dari perawatan darurat para dokter, untuk membantu pernafasannya. Ia belum boleh berbicara di hadapan umum sejak pertengahan Maret, dan masih melanjutkan terapi suara dan pernafasan.

XS
SM
MD
LG