Tautan-tautan Akses

KONGRES BAHAS SOAL STEROID <br> Oleh: Leon Howell


Kongres Amerika melakukan sidang dengar keterangan selama 11 jam yang disiarkan melalui televisi, mengenai penggunaan steroid dalam olahraga professional. Beberapa atlit bisbol paling ternama ikut memberikan keterangan. Mereka dicurigai menggunakan steroid, tetapi semua membantahnya.

Steroid berasal dari hormon lelaki testoteron, yang meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan otot.

Dulu, hanya binaragawan yang menggunakan steroid, untuk mempercepat pertumbuhan otot. Kemudian, para atlit lain mulai menggunakannya, dan rekor olahragapun bertumbangan. Setelah Olimpiade menyatakan atlit-atlit tidak boleh bertanding karena menggunakan steroid, orang mulai curiga mengenai meluasnya penggunaan steroid, dan menyadari bahwa harus ada sesuatu yang dilakukan untuk menghentikannya.

Salah satu masalahnya adalah: steroid berbahaya. Atlit-atlit Jerman Timur menggunakan obat perangsang dan meraih hampir 400 medali Olimpiade dari tahun 1972 sampai 1988. Sekarang diperkirakan, sampai 10.000 bekas atlit Jerman Timur mengalami penderitaan mental dan fisik karena dulu mereka menggunakan obat perangsang.

Para dokter dalam sidang dengar keterangan Kongres mengatakan bahwa steroid dapat menyebabkan kanker, serangan jantung dan stroke. Penggunaan steroid juga dapat mengakibatkan agresi, halusinasi, psikosis dan depresi. Keterangan yang paling menyentuh perasaan diberikan oleh orang tua dua orang remaja yang bunuh diri selagi menggunakan steroid.

Bagaimanapun, semakin jelas bahwa selama 20 tahun, para atlit bisbol dan football professional Amerika semakin banyak yang menggunakan steroid.

Ini menimbulkan masalah yang kedua. Para atlit remaja terpengaruh oleh apa yang dilakukan para atlit professional. Diperkirakan, sampai 500 ribu orang atlit muda Amerika menggunakan steroid anabolik. Empatpuluh persen atlit SMA tahun terakhir mengatakan, sangat mudah untuk mempeorleh steroid. Hanya 50 persen berpendapat bahwa steroid berbahaya.

Keprihatinan lain menyangkut integritas olahraga bisbol di Amerika, yang dianggap sebagai favorit orang Amerika untuk menghabiskan waktu luang.

Bisbol, lebih dari semua olahraga lain, mencatat rekor semua pemain. Statistik yang paling penting adalah homerun, yaitu ketika pemain memukul bola sampai keluar lapangan.

Semua pecandu bisbol di Amerika tahu bahwa Babe Ruth memukul 60 homerun tahun 1927. Rekor itu bertahan selama 34 tahun. Tahun 1961, ada atlit yang memukul 61 homerun, dan rekor ini bertahan selama 37 tahun. Tahun 1998, dua orang atlit memukul 70 dan 66 homerun. Kedua atlit ini dicurigai menggunakan steroid.

Rekor yang mengagumkan ini hanya bertahan selama tiga tahun. Barry Bond, yang sebelumnya tidak pernah memukul homerun lebih dari 49 kali dalam satu musim pertandingan, tahun 2001 mencatat 73 homerun. Menjelang musim pertandingan tahun 2001, otot tubuh bagian atas Barry Bond bertambah delapan kilogram.

Barry Bond sekarang mengatakan, pada musim pertandingan itu, ia menggunakan steroid, tetapi tidak sengaja.

Seorang bekas atlit bisbol yang sekarang menjadi anggota Senat mengatakan dalam sidang ini, seharusnya, rekor atlit yang didapati menggunakan steroid dinyatakan batal.

Beberapa atlit bisbol ternama, termasuk dua atlit yang mencatat 70 dan 66 homerun pada tahun 1998, memberikan keterangan dalam sidang ini. Liputan media dalam sidang ini sangat luar biasa. Seorang anggota Kongres mengatakan, jumlah wartawan yang meliput sidang ini lebih besar daripada gabungan semua wartawan yang meliput 29 sidang terdahulu mengenai masalah narkoba.

Semua atlit bisbol yang memberikan keterangan dalam sidang ini membantah menggunakan steroid, kecuali satu, yang belum lama ini menulis buku bestseller di mana ia mengaku menggunakan steroid. Mereka semua mengatakan, bahwa steroid adalah masalah, dan mereka akan berusaha memberantas penggunaan steroid.

Para anggota komisi mengecam Liga Bisbol Profesional Amerika karena mengabaikan masalah ini, dan bahwa kebijakan anti-steroid yang baru ditetapkan tidak memadai. Seorang anggota Kongres memperingatkan, kalau pihak Liga tidak membenahi masalah steroid, Kongres akan turun tangan.

Bisbol memiliki tempat khusus dalam sejarah Amerika. Kalau penggunaan steroid tidak dibasmi, olahraga bisbol akan kehilangan respek, dan ini akan menjadi pukulan berat bagi hati nurani Amerika. (VOA/Howell/Djoko)

XS
SM
MD
LG