Tautan-tautan Akses

Tiga Polisi Irak Tewas Akibat Serangan Bom di Kota Kirkuk - 2005-03-19


Para pejabat di Irak menyatakan, sedikitnya 3 polisi Irak tewas dan 7 lainnya luka dalam serangan bom-tepi-jalan di kota Kirkuk, Irak Utara, Sabtu ini, ketika polisi sedang melayat dalam prosesi pemakaman rekan mereka yang dibunuh pemberontak pada hari Jumat .

Pemberontak telah menewaskan ratusan polisi dalam usaha pemberontak untuk menggulingkan pemerintahan Irak yang didukung AS.

Serangan hari ini terjadi pada ulang tahun kedua awal perang di Irak.

Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld mengatakan kepada para karyawan Pentagon Jumat kemarin, Irak telah membuat perubahan sangat besar sejak pasukan pimpinan AS menyerang Irak untuk menggulingkan Saddam Hussein.

Sementara itu, satu-setengah bulan sesudah pemilu majelis nasional transisi di Irak, para pemimpin Shiah dan Kurdi mengatakan, pemerintahan baru Irak dapat dibentuk dalam sepekan.

Anggota Aliansi Persatuan Irak Shiah -- yang mendominasi majelis baru itu -- mengatakan Jumat kemarin, parlemen Irak itu akan bersidang pekan depan. Mereka diduga akan mengadakan pemungutan suara untuk memilih presiden, perdana menteri dan kabinet baru.

Para pejabat Shiah dan Kurdi selama ini telah mengadakan pembicaraan non-stop untuk memecahkan berbagai masalah yang belum terselesaiakan, termasuk masalah otonomi Kurdi di Irak Utatra,

XS
SM
MD
LG