Tautan-tautan Akses

Bush Desak Hezbollah di Lebanon Lucuti Senjata dan Dukung Perdamaian  - 2005-03-16


Presiden Bush mengatakan, kelompok militan Lebanon Hezbollah bisa menjadi bagian dari kehidupan politik umumnya di Lebanon meskipun mempunyai kaitan dengan terorisme di masa lampau.

Namun, Presiden Bush mengatakan, Hezbollah harus melucuti senjatanya dan kemudian mendukung proses perdamaian Timur Tengah.

Presiden mengatakan hal itu di Gedung Putih hari ini bersamaan dengan kunjungan Raja Yordania Abdullah. Kedua negara bersama-sama dengan Uni Eropa dan Arab Saudi melancarkan tekanan-tekanan diplomatik yang keras untuk memaksa Suriah menarik pasukannya dari Lebanon.

Sebelumnya di Beirut hari ini, para anggota dinas intelijen Suriah mulai mengosongkan kantor mereka di ibukota Lebanon itu, sehari setelah dilancarakan protes secara besar-besaran untuk mengakhiri kehadiran militer Suriah di negara itu. Kelompok oposisi di Lebanon menyalahkan Damaskus dan pemerintahan Beirut yang pro-Suriah atas pembunuhan mantan perdana menteri Lebanon Rafik Hariri. Namun keduanya membantah terlibat dalam pembunuhan itu.

Presiden Mesir Hosni Mubarak mengadakan kunjungan mendadak ke Damaskus hari ini, untuk berbicara dengan Presiden Suriah Bashar al Assad. Menurut para diplomat, pembicaraan mereka terfokus pada penarikan pasukan Suriah.

XS
SM
MD
LG