Tautan-tautan Akses

Taiwan Mengecam Cina karena Mensahkan Rancangan UU Anti Pemisahan - 2005-03-14


Taiwan mengecam Cina karena mensahkan rancangan undang-undang anti pemisahan yang akan mengizinkan Cina menyerang Taiwan jika Taiwan menolak upaya penyatuan yang dilakukan Beijing.

Jurubicara Kabinet Taiwan di Taipei mengatakan kepada para wartawan bahwa seluruh rakyat Taiwan menentang undang-undang tersebut, dan dia mengatakan bahwa masyarakat dunia juga bersikap sama.

Hampir 3.000 anggota Kongres Rakyat Nasional Cina menyetujui undang-undang anti pemisahan itu tanpa satu pun suara yang menolak, pada jam-jam terakhir rapat tahunan majelis itu di Beijing Senin ini.

Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi yang membangkang. Undang-undang baru tersebut menyatakan Cina akan menggunakan “cara-cara tidak damai” untuk mencegah usaha Taiwan untuk merdeka jika usaha-usaha penyatuan dengan cara damai tidak berhasil.

Perdana Menteri Cina Wen Jiabao mengatakan undang-undang baru tersebut bukanlah “undang-undang untuk berperang,” tapi merupakan usaha untuk memperkuat dan mempererat hubungan antara Cina daratan dan Taiwan.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mendesak Cina dan Taiwan agar menghindari tindakan apa pun yang akan mempertegang hubungan antara kedua pihak.

XS
SM
MD
LG