Tautan-tautan Akses

Kofi Annan Bertemu Sharon, Akan Bertemu Abbas Senin ini - 2005-03-14


Sekretaris Jendral PBB Kofi Annan telah tiba di Timur Tengah untuk mengadakan pembicaraan mengenai cara mendorong maju proses perdamaian di kawasan itu. Annan telah bertemu dengan PM Israel Ariel Sharon di Jerusalem hari Ahad, dan merencanakan untuk mengunjungi kota Ramallah di Tepi Barat Senin ini untuk bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas. Para pemimpin dunia telah menyatakan harapan akan dapat digulirkannya proses perdamaian setelah KTT Timur Tengah bulan lalu, dimana Sharon dan Abbas menyatakan mengakhiri kekerasan selama empat tahun ini. Proses itu mengalami keseretan pekan ini ketika pembicaraan mengenai penyerahan kekuasaan keamanan oleh Israel di beberapa kota di Tepi Barat berakhir tanpa kesepakatan. Sementara itu, pemerintah Israel mengatakan akan membongkar 24 pos permukiman di Tepi Barat yang dibangun sejak Sharon menjadi PM bulan Maret 2001.

Sekretaris Jendral PBB Kofi Annan mengatakan ia berharap pembicaraannya dengan pemimpin-pemimpin Israel dan Palestina akan mendorong proses perdamaian Timur Tengah ke depan. Sebelum pertemuan dengan PM Israel Ariel Sharon hari Ahad, ia mengatakan ia gembira dengan perkembangan akhir-akhir ini dalam proses perdamaian.

Sekjen Annan merencanakan akan berkunjung ke kota Ramallah di Tepi Barat Senin ini untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Kunjungan Annan ke kawasan itu dilakukan sebulan setelah Abbas dan Sharon menyatakan berakhirnya kekerasan selama empat tahun ini.

XS
SM
MD
LG