Tautan-tautan Akses

AS Akan Dukung Usul  Eropa Tawarkan  Bantuan Ekonomi Jika Iran Hentikan Program Nuklirnya - 2005-03-12


Amerika akan mendukung usul Eropa untuk menawarkan bantuan ekonomi kepada Iran kalau Iran mau menghentikan usaha pengayaan uraniumnya. Ini dikatakan oleh Menteri LN Condoleeza Rice hari Jumat. Katanya, Amerika akan mencabut keberatannya atas permohonan keanggotaan Iran pada organisasi perdagangan dunia, dan akan memberi izin pembelian suku cadang pesawat terbang sipil. Kata Condoleeza Rice, dukungan Amerika ini ditujukan bagi dicapainya penyelesaian damai atas konflik nuklir dengan Iran. Kata Presiden Bush, dia senang karena amerika dan Eropa sekarang berbicara dengan bahasa yang sama tentang Iran.

Sebelumnya pada hari Jumat kemarin, Inggris, Prancis dan Jerman mengatakan kepada Uni Eropa mereka akan mendukung diajukannya Iran ke Dewan Keamanan PBB kalau pembicaraan gagal dalam mengusahakan agar Iran menghentikan secara permanen program nuklirnya yang membahayakan.

Di Teheran, Sabtu ini, dalam pembicaraan dengan para pejabat Eropa perunding utama Iran mengatakan, Iran akan terus memproduksi bahan bakar nuklir. Dia juga menyatakan, pembicaraan itu macet karena ketidak jelasan mengenai sejumlah masalah sangat penting.

XS
SM
MD
LG