Tautan-tautan Akses

Ratusan Ribu Demonstran Lebanon Pro-Suriah Padati Beirut - 2005-03-09


Ratusan ribu demonstran memadati ibukota Lebanon Beirut hari ini untuk menunjukkan dukungan mereka kepada Suriah. Para demonstran yang mengibar-ngibarkan bendera itu digerakkan oleh kelompok militan shiah Hezbollah yang didukung oleh Suriah.

Demonstrasi besar-besaran ini membuat aktivitas di kota Beirut berhenti sama sekali dan melemahkan tuntutan demonstrasi sebelumnya yang menuntut penarikan mundur tentara Suriah. Pemimpin Hezbollah Sheikh Hassan Nasrallah menggunakan aksi ini untuk memperingatkan Amerika untuk tidak ikut campur di Lebanon, dan dia mengatakan, tidak seorangpun yang bisa memaksa Suriah keluar dari tanah airnya.

Saat Nasrallah berbicara, kontingen pertama dari 14 ribu tentara Suriah di Lebanon mulai ditarik dari sejumlah wilayah di dekat Beirut ke posisi di dekat perbatasan Suriah. Para pejabat Lebanon mengatakan, pasukan Suriah akan mundur dari Lebanon utara dan tengah bulan ini.

Sementara itu, Presiden Bush menyerukan kepada Suriah untuk menarik mundur seluruh pasukan dan personil intelijennya dari Lebanon sebelum negara itu mengadakan pemilihan anggota parlemen dalam bulan Mei mendatang.

Dalam pidatonya di National Defense University di Washington hari ini, Presiden Bush mengatakan pemilu pada bulan Mei itu hanya akan berlangsung bebas dan adil kalau tidak ada intervensi asing. Dia mengatakan, Damaskus harus menarik pasukannya dari Lebanon atau menghadapi isolasi internasional yang semakin meningkat.

Presiden Bush mengatakan, kebebasan akan terwujud di Lebanon dan dia menambahkan bahwa peristiwa besar yang penting tengah berlangsung di Timur Tengah menuju suatu tujuan yang penuh harapan.

Presiden Bush menyebut pemilu baru-baru ini di Iraq dan palestina sebagai pertanda bahwa demokrasi mulai mengubah kawasan ini. Dia mengatakan, Washington berharap sekali bahwa suatu saat nanti Iran akan mengikuti perkembangan ini.

XS
SM
MD
LG