Tautan-tautan Akses

Christopher Hil: Kekhawatiran Korea Utara terhadap Serangan Amerika Tidak Berdasar  - 2005-03-03


Duta Besar Amerika untuk Korea Selatan mengatakan kekhawatiran Korea Utara terhadap serangan Amerika tidak berdasar dan tidak dapat digunakan sebagai alasan untuk membuat senjata nuklir.

Duta Besar Christopher Hill, perunding utama Amerika dalam perundingan enam pihak mengenai Korea Utara, membuat pernyataan tersebut setelah mengadakan pembicaraan Kamis ini di Seoul dengan Wakil Menteri Luar Negeri Cina Wu Dawei tentang cara mengajak Pyongyang kembali ke meja perundingan.

Duta Besar Hill mengatakan Amerika siap membahas tuntutan apapun dari Pyongyang supaya menghentikan program nuklirnya, ketika Korea Utara kembali ke perundingan yang terhenti tersebut.

Rabu kemarin Korea Utara menuntut agar Amerika minta maaf karena menyebut Korea Utara sebagai pelopor tirani dan mengancam akan memulai lagi ujicoba misil jarak jauhnya.

Usaha-usaha internasional untuk membawa Korea Utara kembali ke perundingan enam pihak tersebut semakin gencar setelah Korea Utara bulan lalu mengaku bahwa negara itu memiliki senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG