Tautan-tautan Akses

Malaysia Menangkap Lebih dari 560 Pekerja Imigran Ilegal pada Hari Pertama - 2005-03-02


Pihak berwenang Malaysia menyatakan mereka telah menangkap lebih dari 560 pekerja imigran ilegal dalam hari pertama dimulainya penangkapan terhadap para pekerja imigran ilegal di seluruh Malaysia.

Tindakan penangkapan tersebut menyusul masa pemberian amnesti selama empat bulan yang berakhir pada hari Senin tengah malam baru lalu. Kira-kira 400 ribu pekerja ilegal diperkirakan telah meninggalkan Malaysia di bawah program amnesti tersebut namun para pejabat Malaysia menduga bahwa ratusan ribu pekerja ilegal lainnya masih berada di Malaysia, menantang resiko terkena denda yang banyak, hukuman penjara, hukuman cambuk dan pendeportasian, demi mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari pada pekerjaan yang mungkin mereka dapatkan di negara sendiri.

Pemerintah Malaysia menyatakan para pekerja ilegal yang meninggalkan Malaysia di bawah program amnesti akan dapat kembali ke Malaysia jika mereka telah memiliki surat-surat yang diperlukan. Tapi orang-orang yang tertangkap selama masa penangkapan tidak akan diizinkan kembali ke Malaysia.

Sebagian besar pekerja ilegal di Malaysia berasal dari Indonesia, Birma dan Filipina. Masa amnesti tersebut telah diperpanjang dua kali atas permintaan pemerintah Indonesia dan Filipina.

XS
SM
MD
LG