Tautan-tautan Akses

Laporan Deplu AS: Pelanggaran HAM Terjadi di Sudan, Cina, Siria dan Arab Saudi - 2005-03-01


Departemen Luar Negeri Amerika telah mengeluarkan laporan tahunannya mengenai hak asasi manusia, dengan menyebut pelanggaran HAM terjadi di sejumlah negara termasuk Sudan, Cina, Siria dan Arab Saudi.

Laporan tahun 2004 yang dirilis hari Senin di Washington itu, mengatakan ada perkembangan yang menonjol dan positif serta pencapaian bersejarah di beberapa negara, khususnya pemilu di Afghanistan, Ukraina, Iraq dan wilayah Palestina.

Laporan tentang Hak Asasi Manusia itu menyebutkan pelanggaran HAM di Iran, Siria dan di negara-negara sekutu Amerika Serikat di Timur Tengah, Arab Saudi dan Mesir.

Mengenai Afrika, laporan tersebut dengan keras mengecam Pemerintah Sudan dan Zimbabwe.

Tentang Asia, laporan tersebut menyebut perkembangan Cina dalam perlakuan terhadap hak asasi manusia tahun lalu mengecewakan, dan juga menuduh Korea Utara dan Birma melakukan pelanggaran serius.

Laporan itu mengecam perubahan dalam undang-undang pemilu di Rusia dan pembatasan yang lebih keras terhadap media di sana.

Dan mengenai Amerika Latin, Departemen Luar Negeri Amerika mengecam Kuba dan menyebut perlakuan terhadap hak asasi sangat buruk di Venezuela.

XS
SM
MD
LG