Tautan-tautan Akses

Bom Bunuhdiri di Tel Aviv, Presiden Palestina Adakan Sidang Darurat Keamanan - 2005-02-26


Tersangka pengebom bunuh-diri Palestina telah meledakkan dirinya di luar kelab malam Tel Aviv, menewaskan sedikitnya 4 orang dan melukai 50 lainnya serta menggoyahkan gencatan senjata tidak resmi Timur Tengah.

Ledakan Jumat malam itu mengakhiri ketenangan berpekan-pekan dan merupakan ujian serius pertama atas gencatan senjata yang telah diberlakukan bulan ini oleh Perdana Menteri Israel Ariel Sharon dan Presiden Palestina Mahamoud Abbas. Berbagai kelompok militan Palesltina, termasuk Hamas dan Jihad Islam tidak mau secara resmi turut dalam gencatan senjata itu, namun menyatakan akan menaatinya.

Ada kesimpang-siuran mengenai siapa yang bertanggung-jawab atas serangan Jumat malam itu oleh mereka yang menyatakan mewakili kelompok-kelompok Palestina. Sebagian pejabat Palestina menyalahkan Hezbollan, tetapi kelompok militan Libanon itu menyangkal terlibat.

Para pejabat keamanan Israel menyatakan telah meng-identifikasi pengebomnya dan menangkap dua saudara lelakinya dalam serangan Saptu ini terhadap sebuah desa Detr al-Ghusun dekat Tulkarem di Tepi Barat. Para pejabat tidak banyak memberikan informasi mengenai penangkapan tadi.

Menteri Pertahanan Israel Shaul Mofaz berencana akan menemui para pejabat keamanannya Saptu ini untuk membahas langkah-langkah yang mungkin dilakukan terhadap aksi pengeboman bunuh-diri itu.

Presiden Palestina Abbas mengadakan sidang darurat keamanan , dan berjanji akan menumpas mereka yang bertanggung-jawab.

XS
SM
MD
LG