Tautan-tautan Akses

Pembelian Persenjataan oleh India Mengancam Proses Perdamaian  - 2005-02-24


Pakistan menyatakan tindakan apapun yang dilakukan India untuk membeli misil Patriot buatan Amerika akan menyebabkan perlombaan persenjataan dan mengancam proses perdamaian antara kedua negara.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Masood Khan mengatakan Rabu kemarin bahwa Islamabad telah mengungkapkan kekhawatirannya kepada Washington mengenai minat New Delhi untuk membeli sistem pertahanan udara.

India membahas kemungkinan untuk membeli misil Patriot dalam perundingan awal pekan ini mengenai pembelian persenjataan dari Amerika Serikat. Misil-misil Patriot dapat digunakan untuk menghadapi misil penjelajah dan misil balistik, dan juga serangan dari pesawat tempur mutakhir.

Pakistan dan India memiliki misil jarak jauh dan berulangkali melakukan ujicoba senjata nuklir pada tahun 1998. Kedua negara bertetangga yang bersaing tersebut kini terlibat dalam perundingan perdamaian yang sudah berlangsung selama 13 bulan. Baru pekan lalu, mereka sepakat untuk memulai pelayanan bis antara dua wilayah di Kashmir yang dipersengketakan.

XS
SM
MD
LG