Tautan-tautan Akses

Serangan Terhadap Warga Shiah Irak Berlanjut, Puluhan Tewas Dalam Bom Bunuhdiri di Baghdad - 2005-02-19


Kira-kira 40 orang Irak tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam serangkaian serangan yang dilancarkan pada hari Ashura, hari paling suci bagi kelompok islam syiah. Kata para pejabat, di kawasan kota Baghdad saja terjadi delapan serangan bunuh diri. Yang paling gawat terjadi di atas sebuah bis yang penuh penumpang di Baghdad. Kata para pejabat sedikitnya 17 orang tewas dan lebih dari 40 lainnya luka-luka. Ditempat lain, seorang pengebom bunuh diri mengendarai sepedanya kearah sekelompok orang yang sedang berkabung di Baghdad. Empat orang tewas dan 38 lainnya luka-luka. Kata Amerika, seorang tentaranya tewas dalam serangan bom di Baghdad, tapi tidak ada rincian lebih lanjut.

Ratusan ribu umat Shiah berkumpul di kota suci Karbala. Penjagaan keamanan sangat ketat selama berlangsung upacara pemakaman itu dan mobil dilarang memasuki daerah itu.

Peringatan Ashura tahun lalu dicemari oleh tewasnya lebih dari 170 orang oleh serangan bunuh-diri pada saat perayaan di Baghdad dan Karbala, 80 Km di sebelah selatan Baghdad, ketika tempat ibadah Shiah itu penuh dengan peziarah.

Sementara Jumat lalu, 5 serangan terhadap umat muslim Shiah menewaskan sedikitnya 34 orang dan melukai puluhan lainnya di masjid-masjid dan di daerah-daerah lain di sekitar Baghdad.

XS
SM
MD
LG