Tautan-tautan Akses

Israel dan Palestina telah Mengumumkan Gencatan Senjata  - 2005-02-09


Para pemimpin Israel dan Palestina telah mengumumkan gencatan senjata untuk mengakhiri lebih dari empat tahun aksi kekerasan, dan Amerika Serikat menyatakan siap membantu kedua belah pihak menciptakan perdamaian di wilayah itu.

Perdana Menteri Israel Ariel Sharon dan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan secara resmi berakhirnya pertumpahan darah Israel-Palestina pada pertemuan tingkat tinggi di Mesir hari Selasa kemarin. Mereka menyatakan gencatan senjata itu merupakan awal dari proses panjang untuk menjembatani perbedaan antara kedua belah pihak.

Beberapa jam kemudian di Paris, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mendesak Israel dan Palestina agar memulai lagi proses perdamaian Timur Tengah yang terhenti.

Dan Menteri Luar Negeri Palestina Nabil Shaath bertemu dengan para pejabat Suriah di Damaskus untuk memberi keterangan kepada mereka tentang pertemuan tingkat tinggi tersebut. Presiden Mesir Hosni Mubarak, yang menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi hari Selasa kemarin itu, menyatakan kemungkinan dimulainya lagi perundingan antara Israel dan Suriah yang gagal pada tahun 2000.

XS
SM
MD
LG