Tautan-tautan Akses

Jumlah Serangan oleh Bajak Laut terhadap Kapal Menurun  - 2005-02-07


Sebuah lembaga pengawas internasional menyatakan jumlah serangan oleh bajak laut terhadap kapal kapal menurun tahun lalu, walaupun demikian masih banyak pelaut dan penumpang kapal tewas dalam serangan serangan tersebut.

Biro Maritim Internasional Inggris melaporkan bahwa jumlah serangan oleh bajak laut turun 27 persen dari setahun sebelumnya. Biro itu menyatakan Indonesia adalah negara yang paling sering terkena serangan, dengan 93 serangan dari 325 jumlah keseluruhan serangan oleh bajak laut di seluruh dunia.

Laporan itu menyatakan serangan dekat wilayah Indonesia terhenti sama sekali setelah terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami tanggal 26 Desember lalu yang menghancurkan daerah itu. Para penulis laporan itu menduga bahwa sejumlah besar pembajak tewas dalam bencana itu atau mereka kehilangan peralatan mereka seperti perahu dan senjata.

Selat Malaka, jalur pelayaran yang padat dilalui oleh kapal kapal, adalah tempat terjadinya 37 serangan tahun lalu. Laporan itu menyebutkan sebagian besar kapal yang diserang adalah kapal pengangkut minyak dan kapal barang.

XS
SM
MD
LG