Tautan-tautan Akses

Condoleeza Rice: Amerika akan Membantu Kepemimpinan Palestina yang Baru  - 2005-02-07


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengatakan Amerika akan membantu kepemimpinan Palestina yang baru pada saat Palestina menerapkan reformasi keamanan dan demokrasi.

MenLu Rice menyatakan hal itu di kota Ramallah, Tepi Barat, setelah mengadakan perundingan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas hari Senin ini.

Dia mengatakan Amerika gembira melihat bahwa Otoritas Palestina mengambil langkah-langkah yang tepat.

Dia juga mengumumkan bahwa untuk memperbaiki kehidupan rakyat Palestina Washington akan segera memberikan bantuan dana sebesar 40 juta dolar, yang merupakan bagian dari bantuan dana yang dijanjikan Presiden Bush sebanyak 360 juta dolar.

MenLu Rice, yang mendesak Israel dan Palestina agar memanfaatkan kesempatan yang ada sekarang bagi perdamaian, kembali menyatakan bahwa Israel harus membuat keputusan sulit yang dibutuhkan guna memajukan perdamaian dan terbentuknya negara Palestina yang demokratis. Dia juga meminta Palestina agar membatasi serangan oleh kaum ekstremis terhadap Israel.

Rice bertemu dengan Perdana Menteri Israel Ariel Sharon di Yerusalem hari Ahad kemarin.

Sharon dan Abbas akan mengadakan perundingan di Mesir hari Selasa besok dalam pertemuan tingkat tinggi pertama dalam masa empat tahun antara Israel dan Palestina.*

XS
SM
MD
LG