Tautan-tautan Akses

Pemimpin Dunia Peringati 60 Tahun Tragedi Pembantaian di Holocaust  - 2005-01-28


Para pemimpin dunia dan orang-orang yang selamat dari pembantian massal atau HOLOCAUST memperingati tahun ke-60 pembebasan kamp neraka Auschwitz dengan berbagai upara khidmat. Tentara Soviet membebaskan kamp di Polandia selatan itu. Para hadirin, biarpun kedinginan di bawah hujan salju yang terus-menerus , memasang lilin pada upacara untuk mengenang kurang-lebih sejuta orang, umumnya Yahudi, yang dibunuh di kamp NAZI itu.

Presiden Polandia Aleksander Kwasniewsky hadir bersama para pemimpin asing lainnya, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Prancis Jacques Chiraq, Presiden Israel Moshe Katsav, dan Wakil Presiden Amerika Dick Cheney,. Juga hadir Presiden Ukraina Viktor Yuschenko, yang ayahnya dulu dipenjarakan di Auschwitz.

Sebelumnya, di Krakow, Presiden Putin mengutuk apa yang disebutnya manifestasi anti-Yahudi dan xenophobia atau anti orang-asing di seluruh dunia, termasuk di negaranya sendiri.

Upacara peringatan juga berlangsung di Berlin, Brussels dan kota-kota lain sementara para peserta menandaskan pentingnya menginformasikan generasi muda mengenai Holocaust karena anti- Yahudi terjadi di seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG