Tautan-tautan Akses

Pakistan dan India Saling Tuduh Langgar Gencatan Senjata di Kashmir - 2005-01-25


Pakistan menuduh India melanggar gencatan senjata di Kashmir, beberapa hari setelah India menuduh Pakistan melakukan pelanggaran dua kali. Gencatan senjata antara kedua negara mulai berlaku bulan November 2003, dan menjadi unsur kunci dalam proses perdamaian yang bertujuan menghentikan permusuhan yang telah berlangsung lima dasa warsa. Jurubicara Departemen Luar Negeri Pakistan melancarkan tuduhan bahwa India melanggar gencatan senjata, tetapi ia menegaskan bahwa gencatan senjata masih berlaku. Ia mengatakan, para pejabat militer senior kedua negara sering melakukan kontak, dan kedua pihak telah menegaskan lagi jaminan bahwa gencatan senjata akan dipatuhi.

Sementara itu, India dan Cina telah melakukan dialog strategis pertama mengenai isu-isu global dan regional, termasuk terorisme internasional, non proliferasi dan keamanan energi.

Jurubicara Departemen Luar Negeri India mengatakan, ada kesamaan pandangan luas dalam semua isu, selama pembicaraan antara Wakil Menteri Luar Negeri Cina Wu Dawei dan Menlu India Shyam Saran.

Dikatakan, kedua pihak juga membahas persiapan bagi kunjungan PM Wen Jiabao ke India tahun ini, yang diduga menandai tahap baru hubungan bilateral.

XS
SM
MD
LG