Tautan-tautan Akses

1000 Tentara Jepang Ikut Serta dalam Operasi Pemulihan di Aceh - 2005-01-24


Hampir 1000 tentara Jepang ikut serta dalam operasi pemulihan di Aceh, dimana mereka diharapkan akan bekerja memperbaiki kebersihan lingkungan dan mencegah timbulnya wabah penyakit setelah terjadinya gempa bumi dan gelombang samudra dahsyat bulan lalu.

Para pejabat Jepang menyatakan masih belum diputuskan berapa lama pasukan tentara itu akan ditempatkan di daerah bencana itu. Misi mereka ke Indonesia, yang diduduki tentara Jepang pada Perang Dunia II, menarik perhatian kalangan luas.

Para pejabat Indonesia menyatakan upaya bantuan darurat mulai berkurang di daerah-daerah paling parah terkena bencana di bagian utara pulau Sumatra, dan pasukan militer dari Amerika dan dari negara negara lain yang datang ke propinsi Aceh untuk membantu dalam usaha penyelamatan sedang bersiap-siap akan meninggalkan Indonesia. Petugas bantuan PBB menyatakan mereka mengharapkan operasi pemulihan di Aceh pada akhirnya akan ditangani oleh pihak sipil.

Gempa bumi kuat di sebelah barat kepulauan Nicobar di India mengguncang sebagian wilayah bencana tsunami hari Senin ini, tapi tidak ada laporan mengenai adanya korban maupun kerusakan.

Guncangan berkekuatan 6,3 SR itu jauh lebih lemah dibandingkan dengan gempa bumi berkekuatan 9,0 SR yang mengakibatkan terjadinya tsunami bulan lalu. Para ahli gempa menyatakan pusat gempa di bawah laut yang terjadi hari ini berada hampir 400 kilometer dari kota Banda Aceh.

XS
SM
MD
LG