Tautan-tautan Akses

Mahmoud Abbas Akan Temui Militan Palestina Serukan Agar Mengakhiri Serangan Terhadap Israel - 2005-01-16


Pengganti Yasser Arafat, Mahmoud Abbas, dilantik sebagai presiden Palestina hari Sabtu. Dia menjanjikan perdamaian dengan Israel. Berbicara dihadapan pendukungnya di kota Ramallah, Tepi Barat, Abbas menegaskan lagi upaya Palestina untuk memperoleh kemerdekaannya dengan Yerusalem sebagai ibukota negara, dan dia menghimbau rakyat Palestina agar bersatu untuk mencapainya. Dia menegaskan lagi komitmen Palestina pada peta jalan rencana perdamaian, dengan mengatakan bahwa rakyat Israel dan rakyat Palestina ditakdirkan untuk hidup berdampingan secara damai. Namun dia tidak menyebutkan bagaimana dia akan memenuhi permintaan Israel agar dia menghentikan kaum militan Palestina menyerang warga Israel. Para penasehat presiden baru Palestina itu menyatakan Abbas akan segera pergi ke Gaza untuk berbicara dengan para pemimpin kaum militan tentang gencatan senjata.

Para pejabat Palestina menyatakan presiden Palestina yang baru terpilih Mahmoud Abbas akan bertemu dengan kaum militan Palestina di Jalur Gaza pekan ini dalam upaya untuk membujuk mereka agar mengakhiri serangan terhadap Israel. Menteri Luar Negeri Palestina Nabil Shaath mengatakan Abbas akan pergi ke Gaza hari Rabu pekan ini untuk menekan kelompok kelompok militan Palestina agar menyetujui gencatan senjata yang disebut Palestina harus dilakukan pula oleh Israel. Menteri Luar Negeri Shaath mengatakan Abbas juga akan mencoba membujuk kelompok kelompok militan itu agar berpartisipasi dalam pemilihan anggota parlemen tanggal 17 Juli yad. Abbas mengecam tindak kekerasan yang dilakukan oleh kedua belah pihak yang telah menghambat proses perdamaian.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Ariel Sharon mengatakan dia telah memerintahkan tentara Israel agar mengambil tindakan lebih tegas terhadap kaum militan Palestina. Pada rapat mingguan anggota kabinet hari Ahad ini, Sharon menuduh kepemimpinan Palestina yang baru tidak melakukan apa-apa untuk menghentikan serangan kaum militan terhadap warga Israel, oleh sebab itu dia memberikan kebebasan kepada tentara Israel untuk menghentikan aksi terorisme selama Palestina tidak melakukan apa-apa. Perintah itu keluar sehari setelah serbuan oleh tentara Israel di Jalur Gaza menewaskan delapan warga Palestina, dan kaum militan di Gaza menembakkan roket buatan sendiri ke arah kota Sderot di Israel, mencederai seorang gadis berusia belasan tahun. Sharon sudah memutuskan hubungan dengan para pejabat Palestina setelah terjadinya serangan bunuh diri oleh seorang anggota kaum militan hari Kamis malam, menewaskan enam warga Israel. Presiden Palestina yang baru Mahmoud Abbas mengecam aksi kekerasan oleh kaum militan dalam pidatonya pada hari pelantikannya hari Sabtu kemarin, tapi dia tidak menyebutkan bagaimana dia akan menghentikan aksi aksi kekerasan mereka.

XS
SM
MD
LG