Tautan-tautan Akses

PBB Membuka Konferensi 2 Hari di Jenewa  - 2005-01-11


PBB membuka konperensi dua hari di Jenewa hari Selasa ini mengenai pengaturan dan pengkoordinasian bantuan dana sebesar empat milyar dolar yang telah dijanjikan akan diberikan kepada korban bencana tsunami di Samudra Hindia yang terjadi bulan lalu.

Konperensi itu akan dihadiri oleh para pejabat dari 80 negara – termasuk 12 negara yang secara langsung terkena bencana itu.

Andrew Natsios, kepala Lembaga Pembangunan Internasional Amerika, akan mewakili Amerika di Jenewa. Dia mengatakan kepada para wartawan hari Senin kemarin bahwa pertemuan itu bertujuan untuk mengkoordinasikan usaha bantuan dan mempersiapkan rencana pemulihan jangka panjang bagi negara negara yang terkena dampak bencana tsunami.

PBB menyatakan badan itu akan menugaskan firma konsultasi independen PricewaterhouseCoopers untuk mengawasi operasi itu – untuk memastikan agar bantuan itu sampai kepada yang membutuhkannya.

Bencana tsunami yang terjadi tanggal 26 Desember lalu itu menewaskan lebih dari 150.000 jiwa dan mengakibatkan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

XS
SM
MD
LG