Tautan-tautan Akses

Annan Kunjungi Kawasan Tsunami di Sri Lanka, Jepang Kerahkan 1000 Pasukan - 2005-01-08


Sekjen PBB Kofi Annan mengunjungi beberapa kawasan di Sri Lanka yang saat ini masih berjuang untuk memulihkan diri dari kehancuran akibat bencana gempa dan gelombang laut dahsyat yang menghantam Asia Selatan dua minggu lalu.

Sekjen Annan terbang dengan helikopter di atas kota Galle, di bagian selatan Sri Lanka, dan kemudian mendarat di kota Hambantota, di bagian Timur Sri Lanka, yang menderita kerusakan hebat. Di sana ia bergabung dengan Perdana Menteri Sri Lanka Mahinda Rajapakse dan Presiden Bank Dunia James Wolfensohn untuk melakukan tur darat.

Gelombang Tsunami melanda Hambantota pada tanggal 26 Desember, dan menghantam orang-orang yang sedang memenuhi pasar Minggu di kota itu. Hampir 5000 orang tewas di kota itu dan kawasan sekitarnya. Ekonomi lokal kota itu juga hancur akibat musnahnya 275 perahu nelayan dan sebuah perusahan garam besar.

Annan, Menlu Amerika Colin Powell dan para pejabat lain yang melakukan tur ke Asia Selatan pekan ini mengatakan, usaha-usaha bantuan besar yang telah digalang dunia harus mampu menyediakan makanan yang sangat dibutuhkan, tempat tinggal dan suplai medis, sesegera mungkin. Usaha bantuan itu juga harus bisa memberikan bantuan jangka panjang untuk membangun kembali perekonomi kawasan itu yang menderita kehancuran hebat.

Sumbangan masyarakat dan pihak swasta untuk usaha bantuan Tsunami telah melewati angka lima milyar dolar, dan negara-negara maju telah sepakat untuk menunda pembayaran utang bagi negara-negara yang tertimpa bencana -- sebuah langkah yang akan membuat negara-negara di Asia Selatan mampu menghemat miliar dolar. Korban gempa dan Tsunami masih terus meningkat. Indonesia mengkonfirmasikan penemuan 3.000 korban tewas sehingga total korban di kawasan Asia Selatan sudah melewati 153 ribu orang.

Sementara itu, Jepang sedang menyiapkan pengiriman 1.000 tentara dari Kesatuan Bela Diri untuk membantu usaha-usaha bantuan Tsunami Asia Selatan. Ini merupakan pengerahan militer terbesar bagi Jepang sejak Perang Dunia Dua.

Para pejabat Jepang mengatakan sekitar 220 pasukan darat dan 640 personil angkatan laut akan berangkat pekan depan ke Indonesia dan Thailand. Sekitar 100 personil angkatan udara juga akan ambil bagian dalam misi itu, termasuk 40 orang yang diberangkatkan ke Thailand pada hari Jumat untuk mengirimkan suplai darurat.

Jepang telah menjanjikan 500 juta dolar untuk usaha bantuan, dan ini merupakan salah satu yang terbesar yang diberikan sebuah negara untuk bencana ini.

Militer Jepang telah ambil bagian dalam beberapa misi penjagaan perdamaian di masa lalu. Militer Jepang saat ini memiliki 550 tentara yang tergabung dalam misi kemanusiaan di Irak.

Jumlah resmi warga Amerika yang menjadi korban Tsunami di Asia meningkat menjadi 37 orang.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Adam Ereli mengatakan, angka yang direvisi itu mencakup 17 warga Amerika yang dinyatakan tewas dan 20 lainnya yang diperkirakan tewas karena berada tepat di lokasi bencana ketika Tsunami menyerang. Jubir itu mengatakan, 19 orang yang diperkirakan tewas berada di Thailand , sementara satu lainnya di Sri Lanka.

Ereli mengatakan, para pejabat Amerika masih menyelidiki 2100 warga Amerika lainnya yang sampai saat ini belum diketahui nasibnya.

Ia mengatakan, Deplu Amerika telah menerima 28.000 permohonan penyelidikan, namun kebanyakan dari penyelidikan itu tuntas setelah orang yang dicari ditemukan atau petugas menyadari adanya beberapa permohonan pencarian terhadap orang yang sama.

Para pejabat Amerika terus bekerjasama dengan para pejabat agen perjalanan, kedubes dan imigrasi Asia untuk mencari tahu keberadaan warga Amerika yang hilang.

XS
SM
MD
LG