Tautan-tautan Akses

Menlu Collin Powell dan Jeb Bush Meninjau Wilayah Tsunami di Aceh - 2005-01-06


Menlu AS Collin Powell meninjau wilayah yang dilanda tsunami di Aceh hari Rabu dan mengatakan, kerusakannya lebih hebat daripada yang disaksikannya dalam perang. Menteri Powell mengatakan, ia tidak dapat membayangkan kengerian yang dialami warga Aceh 10 hari lalu, ketika gelombang tsunami membinasakan kota-kota dan desa-desa. Sementara itu, PBB mengatakan, masyarakat internasional menyumbangkan tiga sampai empat milyar dolar untuk korban tsunami di Asia. Pejabat PBB Jan Egeland mengatakan, bantuan melonjak dari dua menjadi tiga milyar dolar setelah Jerman dan Australia mengumumkan bantuan yang sangat besar. Jerman mengumumkan bantuan 674 juta dolar untuk membantu membangun kembali Asia Selatan, sementara Australia akan menyumbangkan 760 juta dolar selama lima tahun untuk usaha pembangunan kembali di Indonesia.

Sementara, seorang pejabat kepolisian Indonesia mengatakan, sekitar separuh tentara dan polisi di Aceh belum ditemukan sejak bencana tsunami 10 hari yang lalu.

Brigadir Jenderal Polisi Sumadi yang memimpin satuan operasi kemanusiaan di Aceh mengatakan kepada VOA, ia tidak tahu apakah mereka yang hilang itu tewas akibat bencana atau berada di kamp-kamp pengungsi bersama keluarga mereka.

Ia menyanggah laporan media yang menuduh TNI menyerang GAM sejak terjadinya bencana gempa dan tsunami. Ia mengatakan, fasilitas polisi dan tentara di Aceh telah hancur, dan serangan seperti itu mustahil dapat dilakukan.

XS
SM
MD
LG