Tautan-tautan Akses

Arus Suplai Bantuan ke Asia Selatan Mengalami Percepatan - 2005-01-05


Arus suplai bantuan ke Asia Selatan mengalami percepatan meskipun menghadapi kesulitan logistik. Meski demikian, keprihatinan akan kondisi para korban yang selamat dari gempa dan bencana Tsunami pekan lalu kian berkembang.

Para pejabat PBB mengatakan respon global terhadap bencana yang telah mewaskan 150 ribu orang itu sungguh luar biasa. Janji bantuan dari banyak pemerintah dan individu telah melebih dua miliar dolar.

WHO telah memperingatkan bahwa sekitar lima juta orang di kawasan bencana menghadapi ancaman kolera dan penyakit-penyakit lain kecuali mereka mendapatkan air minum bersih, obat dan suplai lain. Dengan perkiraan bahwa 500 ribu orang memerlukan perawatan medis karena cedera yang mereka alami, badan internasional itu menyerukan agar usaha-usaha pertolongan berpacu melawan waktu.

Helikopter-helikopter telah menjadi saluran kehidupan utama bagi para korban selamat yang membutuhkan suplai pangan dan air, juga bagi transportasi ke rumah-rumah sakit untuk perawatan.

Menlu Hassan Wirajuda, yang menemani Menlu Amerika Colin Powell dalam survai udara singkat ke propinsi Aceh yang dilanda bencana hebat, memuji peran penting helikopter angkatan bersenjata Amerika dalam menyediakan bantuan bagi para korban di kawasan-kawasan yang terpencil dan terisolasi.

Usaha-usaha pertolongan diperlambat oleh hujan deras di Sri Lanka Timur dan kurangnya jalur-jalur udara yang berfungsi di Aceh.

XS
SM
MD
LG