Tautan-tautan Akses

Colin Powell: Kerjasama Tanggulangi Tsunami Akan Memperluas Dialog Antara Kelompok Bersengketa di Indonesia dan Srilanka - 2005-01-04


Pejabat Amerika berharap, kerjasama untuk menanggulangi bencana tsunami di Indonesia dan Srilanka akan memperluas dialog antara kelompok-kelompok yang bersengketa di kedua negara. Kata menteri LN Amerika Colin Powell di Jakarta, dia berharap krisis itu akan menciptakan kesempatan bagi dialog antara pemerintah Indonesia dan kelompok separatis Aceh, dan antara pemerintah Srilanka dengan kelompok macan Tamil. Pemerintah dan kelompok pemberontak di kedua negara telah mengeluarkan pernyataan yang bersifat lunak segera setelah terjadinya bencana tsunami tanggal 26 Desember, tapi macan tamil di Srilanka kemudian menuduh pejabat srilanka tidak mau memberikan bantuan kepada mereka, dan pemberontak di Aceh juga menuduhkan hal yang sama kepada pemerintah Indonesia.

Sementara itu, petugas bantuan di Asia selatan sedang berjuang keras untuk membantu orang-orang yang selamat dari bencana tsunami minggu lalu. Hujan lebat menghantam srilanka bagian Timur hari Selasa dan mengakibatkan banjir, yang menghambat pengiriman bantuan bagi puluhan ribu orang yang lapar dan tidak punya tempat tinggal. Di Banda Aceh, pesawat-pesawat bantuan tidak bisa mendarat selama berjam-jam karena sebuah pesawat menabrak kerbau yang berada di landasan ketika pesawat itu sedang mendarat. Pita rekaman video dari Aceh menunjukkan orang-orang yang panik menyerbu kotak-kotak makanan yang sedang diturunkan dari sebuah helikopter Amerika. Kata organisasi kesehatan sedunia, kira-kira lima juta orang di kawasan bencana terancam kolera dan penyakit lain kalau tidak segera mendapat air bersih, obat-obatan dan perlengkapan lain. Kata badan-badan PBB, lebih dari setengah juta orang cedera karena tsunami itu dan perlu mendapat pengobatan yang segera, selain 150,000 yang diperkirakan tewas. Hampir 100,000 dari mereka di Aceh saja.

XS
SM
MD
LG