Tautan-tautan Akses

Dibutuhkan Puluhan Tahun untuk Membangun Negara Asia yang Terkena Bencana  - 2005-01-03


Para pejabat bantuan menyatakan akan dibutuhkan puluhan tahun untuk membangun kembali negara negara Asia yang terkena bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi pekan lalu.

Kepala lembaga World Vision di Australia, Tim Costello, mengatakan kerusakan di sekitar wilayah Lautan India menyerupai keadaan di wilayah Eropa selama dan setelah Perang Dunia Kedua.

Costello mengatakan Indonesia, Sri Lanka dan negara negara Asia lain yang dihantam tsunami memerlukan sesuatu seperti Rencana Marshall, ketika Amerika Serikat menyumbang dana yang kalau dinilai sekarang berjumlah sama dengan 100 milyar dolar untuk memacu pemulihan 16 negara Eropa pasca perang.

Jumlah korban tewas akibat bencana yang terjadi tanggal 26 Desember lalu itu mendekati 150.000 jiwa hari Senin ini, ketika regu penolong mulai dapat memasuki daerah daerah yang tidak dapat dicapai pekan lalu.

Koordinator bantuan PBB Jan Egeland mengatakan 1,8 juta orang di Asia Selatan dan di Afrika Timur membutuhkan persediaan makanan darurat. Pesawat-pesawat militer dari Amerika, Indonesia, dan Australia telah mendrop paket paket makanan, dan juga mengevakuasi warga dari wilayah perkampungan yang masih belum dapat dimasuki lewat darat.

Para pejabat kesehatan internasional mengkhawatirkan berjangkitnya wabah penyakit seperti kolera dan malaria yang dapat mengakibatkan lebih banyak lagi korban.

Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengatakan akan dibutuhkan waktu 10 tahun untuk membangun kembali Asia Selatan. Dia mengadakan pertemuan dengan para pemimpin negara negara lain di Indonesia pekan ini. Perundingan di Jakarta itu akan terpusat pada bantuan yang diperlukan dan cara terbaik mendistribusikan dana sebesar 2 milyar dolar yang sudah terkumpul sampai saat ini. Menteri Luar Negeri Amerika Colin Powell, yang juga akan menghadiri perundingan itu hari Kamis yad, akan tiba di Bangkok hari ini. Dia akan mengunjungi daerah pantai yang terkena bencana di Thailand dan kemudian dia akan mengunjungi propinsi Aceh, dekat pusat gempa bumi yang menyebabkan tsunami.

XS
SM
MD
LG