Tautan-tautan Akses

Pihak Berwenang India Mengeluarkan Peringatan Tentang Tsunami Baru  - 2004-12-30


Pihak berwenang di India hari Kamis ini mengeluarkan peringatan tentang tsunami baru yang mungkin terjadi di wilayah pantai tenggara India, mengakibatkan warga yang panik segera meninggalkan daerah pantai itu.

Para pejabat menyatakan beberapa gempa susulan baru di kepulauan Andaman dan Nicobar yang terpencil dapat mengakibatkan gelombang kuat di sepanjang pantai negara bagian Tamil Nadu. Ribuan orang tewas di daerah itu akibat gelombang tsunami hari Ahad baru lalu.

Pemerintah India sudah mengirimkan pasukan tentara, kapal kapal dan pesawat terbang untuk mengangkut barang barang bantuan ke daerah daerah yang terkena bencana.

Pasukan angkatan laut India juga mengungsikan korban yang selamat dari kepulauan Andaman dan Nicobar. Ribuan penghuni pulau pulau itu masih belum ditemukan dan dikhawatirkan mereka termasuk di antara korban yang tewas.

Sementara itu, menteri pertahanan India Pranab Mukherjee membantah pernyataan bahwa pemerintah India menolak bantuan dari negara asing untuk menangani krisis ini. Dia mengatakan kepada para wartawan hari Rabu kemarin pemerintah India ingin agar para donor yang ingin memberikan bantuan menunggu sampai India menggunakan dulu sumber sumber daya yang dimiliki India.

XS
SM
MD
LG