Tautan-tautan Akses

Jan Egeland Mengatakan Upaya Besar-Besaran Sedang Dilakukan  - 2004-12-28


Koordinator pertolongan darurat PBB menyatakan tsunami dan gempa bumi yang melanda Asia hari Ahad baru lalu mungkin adalah bencana alam yang akan membutuhkan dana bantuan terbanyak dan akan memerlukan upaya pertolongan terbesar sepanjang sejarah.

Wakil SekJen PBB Jan Egeland mengatakan upaya besar-besaran sedang dilakukan dan ratusan pesawat terbang segera akan tiba di daerah daerah bencana membawa bahan bahan bantuan.

Dia meminta kepada negara negara di dunia, lembaga lembaga, dan orang orang lainnya agar memberikan bantuan sebanyak-banyaknya. Dia juga mengecam negara negara kaya karena terlalu kikir dalam memberikan bantuan pada rakyat miskin di dunia.

Amerika berjanji akan memberikan bantuan pertama sebesar 15 juta dolar dan juru bicara Gedung Putih Trent Duffy mengatakan Amerika akan menjadi mitra utama dalam usaha penggalangan bantuan untuk korban bencana alam ini.

Negara negara lain juga sudah berjanji akan memberikan bantuan uang dan pertolongan lain. Beberapa tim yang mencoba menilai kerugian akibat bencana ini sedang berada di daerah daerah bencana.

Federasi Palang Merah Internasional dan Masyarakat Bulan Sabit Merah mulanya meminta bantuan dana sekitar enam juta dolar. Mereka sudah memberikan satu juta dolar untuk dana bantuan darurat.

XS
SM
MD
LG