Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas Dilaporkan 40000 Jiwa Akibat Gempa  - 2004-12-28


Para petugas bantuan darurat di negara negara di Asia selatan yang dilanda gempa bumi dan gelombang air pasang dahsyat hari Ahad baru lalu masih terus menemukan mayat mayat korban yang berserakan akibat bencana itu.

Jumlah korban tewas dilaporkan kini lebih dari 25000 jiwa akibat gempa berkekuatan 9,0 pada skala Richter dan tsunami yang terjadi akibat gempa itu. Para pejabat di negara negara di wilayah Lautan India dan Teluk Bengali menyatakan banyak orang yang masih dinyatakan hilang, dan jumlah korban tewas akan terus bertambah. Sejumlah turis termasuk di antara para korban.

Para pejabat kesehatan memperingatkan akan timbulnya berbagai penyakit akibat keadaan lingkungan yang tidak bersih. Kamar kamar mayat di daerah daerah bencana penuh. Banyak korban yang dikuburkan di kuburan massal.

Jumlah korban tewas di Sri Lanka lebih 12.000 orang, dan di Indonesia dilaporkan korban tewas sekurang-kurangnya 5000 orang. Wakil Presiden Yusuf Kalla memperkirakan jumlah korban tewas di Indonesia akan mencapai 25.000 jiwa.

Jumlah korban tewas di Thailand sekurang-kurangnya 800 orang, tapi para pejabat menyatakan jumlah korban mungkin akan mencapai 2000 orang. India melaporkan adanya 7.500 korban tewas.

Negara negara lain yang juga melaporkan adanya korban tewas termasuk Malaysia, Maladewa, Birma, Bangladesh dan Somalia

XS
SM
MD
LG