Tautan-tautan Akses

Umat Kristen di Dunia Merayakan Natal, Di Tengah Kecemasan Serangan Teroris - 2004-12-25


Ratusan juta umat Kristen di berbagai penjuru dunia pada hari Sabtu ini merayakan natal, meski ada konflik, berbagai larangan dan kecemasan akan serangan teroris.

Dalam pesan tradisional Urbi et Orbi – atau untuk kota Vatikan dan Dunia , Paus Johanes Paulus menyerukan solusi perdamaian untuk mengakhiri berbagai kerusuhan yang bisa berubah menjadi koflik terbuka. Pemimpin Katolik Roma itu secara khusus menyebut perang di Irak serta kekerasan di Sudan, Pantai Gading dan Sub-Sahara Afrika.

Di Tanah Suci, Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas berada diantara tamu kehormatan yang menghadiri misa di Betlehem, kota dekat Yerusalem dimana umat Kristen meyakininya sebagai tempat Kelahiran Yesus Kristus.

Presiden Bush melangsungkan sejumlah sambung telepon pada malam natal kepada pasukan Amerika di dalam dan luar negeri, untuk mengucapkan terimakasih atas darma bakti mereka. Ribuan umat kristen di Indonesia memenuhi gereja-gereja yang dijaga ketat meski ada ancaman serangan teroris dari militan muslim setempat.

Umat Kristen di Cina memenuhi gereja-gereja yang direstui pemerintah, sementara jutaan lainnya melakukan misa di rumah-rumah karena takut adanya larangan dari pemerintah.

XS
SM
MD
LG