Tautan-tautan Akses

Pendukung  Yuschenko Diblokir Di Donetsk - 2004-12-22


Rintangan jalan di Ukraine timur telah mencegah konvoi para aktivis pihak oposisi masuk ke Donetsk, kota asal Perdana Menteri Viktor Yanukovich.

Menurut sejumlah saksi mata, konvoi 50 mobil itu berhenti di luar kota Donetsk hari Selasa dan berputar-balik ketika kurang lebih 300 mobil penuh dengan para pendukung Yanukovych memblokir jalan.

Insiden itu terjadi lima hari sebelum pemilu ulangan atas perintah pengadilan bagi pemilu presiden tahap kedua yang bercacat pada bulan lalu antara perdana menteri itu dan calon oposisi Viktor Yuschenko.

Yuschenko, dalam perdebatan yang disiarkan melalui televisi hari Senin, menuduh perdana menteri itu mencuri pemilu bercacat bulan lalu itu.

Ketika berbicara di Kiev hari Selasa, Yanukovych berjanji untuk berupaya menjaga negara itu tetap bersatu apapun nantinya hasil pemilu Minggu depan.

Para pejabat internasional telah menyatakan keprihatinan bahwa krisis pemilu itu bisa mengancam persatuan Ukraina, yang terpecah antara yang berbahasa Ukraina di barat dan yang berbahasa Rusia di timur.

XS
SM
MD
LG