Tautan-tautan Akses

Pakistan dan India Memulai Perundingan 2 Hari di Islamabad - 2004-12-14


Para pejabat Pakistan dan India memulai perundingan dua hari di Islamabad hari Selasa ini, memusatkan perhatian pada usaha meningkatkan saling percaya pada program nuklir kedua negara.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Masood Khan mengatakan para pakar dari kedua belah pihak membahas cara cara baru untuk menghindari perang nuklir yang tak diinginkan antara kedua negara.

Dia mengatakan pada pertemuan pertama para pakar nuklir di New Delhi pada bulan Juni lalu, kedua belah pihak mengakui pentingnya kestabilan strategi di wilayah itu.

Para pengamat menyatakan perundingan itu dapat menghasilkan kesepakatan resmi agar masing masing pihak memberitahu sebelumnya tentang uji coba misil yang sering mereka lakukan – tindakan yang sudah dilakukan kedua negara secara tidak resmi.

Pertemuan di Islamabad itu adalah bagian dari proses perdamaian yang telah dimulai oleh India dan Pakistan tahun ini untuk menyelesaikan persengketaan yang sudah berlangsung lama antara kedua negara, termasuk masalah Kashmir yang sulit diselesaikan.

XS
SM
MD
LG