Tautan-tautan Akses

Yushchenko Mengucapkan Terima Kasih kepada Para Pendukungnya - 2004-12-09


Pemimpin kelompok oposisi Ukraina Viktor Yushchenko mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya atas aksi protes yang mereka lakukan menentang hasil pemilihan presiden bulan lalu yang penuh dengan kecurangan.

Calon presiden yang pro barat itu berbicara beberapa jam setelah parlemen Ukraina mensahkan undang undang baru pemilihan anti kecurangan, menjelang pemilihan – yang diperintahkan oleh Mahkamah Agung Ukraina -- yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Desember yad.

Yushchenko mengatakan kepada ribuan pendukungnya di pusat kota Kiev hari Rabu kemarin bahwa aksi protes mereka yang berlangsung selama 17 hari telah menyebabkan dibuatnya undang undang baru itu.

Dia juga mengatakan kepada para demonstran agar menghentikan pemblokadean gedung gedung pemerintah, tapi beberapa orang di antara para demonstran itu mengatakan mereka akan meneruskan pemblokadean itu.

Perdana Menteri Viktor Yanukovych yang pro Rusia itu menyebut keputusan parlemen itu tidak sah menurut hukum. Dia mengatakan undang undang baru itu tidak akan menghentikan kecurangan dalam pemilihan.

Parlemen Ukraina juga mensahkan perubahan undang undang dasar Ukraina yang akan melimpahkan sebagian kekuasaan presiden kepada parlemen, dan mereka juga akan membentuk komisi pemilihan pusat yang baru. Presiden Leonid Kuchma telah menandatangani rancangan undang undang itu.

XS
SM
MD
LG