Tautan-tautan Akses

Pemberontak Irak Mendapat Pengarahan dari Warga Irak yang Tinggal di Syria - 2004-12-08


Sebuah laporan yang sudah dipublikasikan mengutip seorang pejabat intelijen Amerika mengatakan bahwa kaum pemberontak di Irak menerima lebih banyak pengarahan dari warga Irak yang kini tinggal di Syria dari yang diduga sebelumnya.

Koran Washington Post hari Rabu ini mengutip ucapan para pejabat yang tidak disebutkan namanya menyatakan bahwa bekas pengikut setia Saddam Hussein yang telah mendapatkan tempat perlindungan yang aman di Syria mengumpulkan uang dari sumber sumber pribadi di Saudi Arabia dan Eropa untuk membantu aksi pemberontakan itu.

Para pejabat Amerika menyatakan Washington telah mulai menekan Damascus agar menangkap atau mengusir beberapa warga Irak tertentu.

Koran itu juga mengutip ucapan duta besar Syria untuk Amerika(Imad Moustapha) yang menolak tuduhan itu sebagai tidak berdasar.

Hari Rabu ini di Irak, Menteri Pertahanan Inggris Geoff Hoon tiba di Basra, Irak selatan, untuk mengunjungi tentara Inggris. Hari Selasa kemarin, Perdana Menteri interim Irak Iyad Allawi kembali menegaskan agar pemilihan dilaksanakan bulan depan sesuai dengan rencana, dan menambahkan bahwa pemungutan suara mungkin akan berlangsung lebih dari dua minggu karena alasan keamanan.

XS
SM
MD
LG