Tautan-tautan Akses

AS Meningkatkan Keamanan Misi Diplomatiknya di Saudi Arabia - 2004-12-07


Amerika Serikat meningkatkan keamanan pada misi diplomatiknya di Saudi Arabia setelah serangan teroris terhadap Konsulat Amerika di Jeddah menewaskan sekurang-kurangnya sembilan orang.

Kantor Kementerian Luar Negeri Amerika, yang mengumumkan pengiriman pasukan keamanan tambahan, memuji pengawal dari angkatan laut Amerika dan petugas keamanan Saudi atas kesigapan mereka menghindarkan serangan hari Senin kemarin itu menjadi lebih buruk lagi.

Lima orang militan menyerbu kantor konsulat itu dengan senjata granat, menyebabkan terjadinya bentrok senjata dengan pasukan keamanan Saudi.

Anak cabang kelompok teroris al-Qaida di Saudi mengeluarkan pernyataan yang belum dikonfirmasi pada sebuah situs internet Islam dan mereka mengaku bertanggung-jawab atas serangan itu.

Para pejabat Saudi menyatakan empat orang bersenjata itu tewas dan seorang lainnya ditahan, sementara lima karyawan konsulat yang bukan warga Amerika juga tewas.

Kaum militan telah melancarkan serentetan serangan terhadap warga asing di Saudi Arabia dalam kurun waktu 18 bulan belakangan ini.

XS
SM
MD
LG