Tautan-tautan Akses

Dua Senator AS Kecam Kurangnya Jumlah Pasukan Amerika di Irak - 2004-12-06


Dua orang senator Amerika mengecam rencana penambahan pasukan Amerika di Irak karena dianggap tidak cukup besar. Senator John McCain dan senator Joe Biden meragukan bahwa tambahan 12,000 orang tentara menjelang pemilihan umum di Irak akhir bulan depan, akan cukup untuk menjaga keamanan. Tambahan tentara itu akan menjadikan pasukan Amerika di Irak berkekuatan 150,000 orang. Kata pejabat tinggi Amerika, tambahan pasukan itu diperlukan karena pasukan keamanan Irak masih kurang latihan. Kata Senator Joe Biden dari negara bagian Delaware, dia khawatir akan terjadi kekacauan sipil, yang akan menggagalkan pemilihan umum di kawasan muslim sunni. Sedangkan senator John McCain menuduh Pentagon membiarkan pemberontak mengambil-alih inisiatif di Irak.

Sementara itu, Presiden sementara Irak, Ghazi al-Yawar berharap pasukan Amerika akan bisa ditarik dari Irak dalam waktu satu tahun, kalau pasukan keamanan Irak bisa mengambil-alih tanggung-jawab keamanan dalam negeri. Kata al-Yawar dalam wawancara dengan jaringan televisi Amerika, dia juga berharap pemilihan umum akan diadakan di Irak sesuai jadwal, karena kalau ditunda, hanya akan membuat situasinya lebih parah. Al-Yawar akan bertemu dengan Presiden Bush hari Senin ini. katanya, dia akan menjelaskan kepada Presiden Bush akan tekad Irak untuk membangun demokrasi.

Dari Irak, tentara Amerika mengumumkan, sedikitnya 22 orang Irak tewas dalam tiga serangan yang terjadi di sebelah utara kota Baghdad. 17 orang sipil tewas dalam serangan paling besar, dan 13 lainnya luka-luka, ketika orang-orang bersenjata melepaskan tembakan kearah bis yang sedang mengangkut pekerja Irak ke sebuah fasilitas Amerika di Tikrit. Bom-bom mobil juga menewaskan tiga orang pasukan garda nasional Irak dekat kota Tikrit dan dua orang tentara Irak tewas dalam serangan di kota Samarra. Sementara itu, Palang merah Irak telah diperintahkan oleh pasukan Amerika supaya mengungsikan petugas bantuannya dari kota Fallujah. Tidak disebutkan alasan pengungsian itu, tapi kata pejabat Palang merah, penarikan petugasnya dari Fallujah disebabkan karena masalah keamanan.

XS
SM
MD
LG