Tautan-tautan Akses

Kelompok Oposisi di Ukraina Hentikan Perundingan Dengan PM Viktor Yanukovich - 2004-12-01


Kelompok oposisi di Ukraina telah menghentikan perundingan dengan Perdana Menteri Viktor Yanukovich, yang dinyatakan menang dalam pemilihan Presiden yang kacau. Pihak oposisi menuduh terjadinya kecurangan besar-besaran yang mengakibatkan terpilihnya Yanukovich dalam pemilihan Presiden tanggal 21 November. Mahkamah agung Ukraina sedang mempertimbangkan pengaduan dari penantang Yanukovich, Viktor Yuschenko.

Kata Presiden George Bush situasi di Ukraina harus dipulihkan secara damai dan demokratis. Kanselir Jerman Gerhard Schroeder dan Presiden Russia Vladimir Putin sepakat bahwa hasil apapun yang akan keluar dari pemilihan Presiden baru di Ukraina harus dihormati. Konsensus itu dicapai dalam sebuah percakapan telpon hari Selasa. Kata Presiden Putin, sengketa pemilihan itu harus diselesaikan tanpa tekanan apapun dari dalam ataupun luar Ukraina.

Sementara itu, Bank sentral Ukraina telah membatasi pembelian mata uang dollar Amerika dalam usaha menghambat penarikan deposito dan untuk menjaga kestabilan mata uang Ukraina, karena kemelut politik di negeri itu. Kata pejabat bank sentral, jumlah uang dollar yang bisa dibeli tiap orang dibatasi sampai 1,000 dollar tiap harinya. Juga dibatasi pengambilan uang dari anjungan tunai mandiri. Kegoncangan politik di Ukraina telah mendorong warga Ukraina untuk menukar uang mereka dengan dollar Amerika.

XS
SM
MD
LG