Tautan-tautan Akses

Ledakan Gas di Tambang Batubara Cina, 25 Tewas 141 Terperangkap - 2004-11-28


Sebuah ledakan dalam tambang batu bara di Cina utara menewaskan 25 orang pekerja tambang. 140 orang lebih lainnya dilaporkan masih terperangkap di bawah tanah. 141 orang dilpoarkan belum diketahui nasibnya di dalam tambang batubara Chen Jiashan. Kantor berita resmi Cina Xinhua menyatakan ledakan itu menghancurkan tambang batubara yang dikelola oleh pemerintahan negara bagian Chenjiashan hari Ahad ini pada jam 7:20 pagi waktu setempat.

Sejumlah 293 buruh tambang sedang bekerja di dalam pertambangan itu ketika ledakan terjadi, tapi hanya 123 orang yang berhasil keluar. Sebagian besar yang keluar adalah para buruh yang berada dekat jalan masuk terowongan tambang itu. Belum ada keterangan tentang keadaan para buruh yang belum ditemukan.

Kantor berita Xinhua menyatakan ledakan itu berpusat di sekitar lubang tempat batubara delapan kilometer dari jalan masuk tambang itu.

Tambang-tambang di Cina adalah tambang-tambang paling berbahaya di dunia, menelan ribuan korban setiap tahun akibat ledakan, kebakaran, runtuh dan banjir. Lemahnya peraturan keamanan dan kurangnya peralatan yang dibutuhkan sering dituding sebagai penyebab bencana yang terjadi.

XS
SM
MD
LG