Tautan-tautan Akses

Parlemen Ukraina Resmi Menyatakan Hasil Pemilihan Presiden Tidak Sah - 2004-11-28


Parlemen Ukraina telah menyatakan bahwa pemilihan tambahan kepresidenan yang dipertikaikan di Ukraina pekan lalu tidak sah. Keputusan dengan jumlah suara banyak tapi tidak mengikat itu dipandang sebagai dukungan yang kuat terhadap kelompok oposisi yang pro-Barat itu.

Para anggota badan legislatip itu mengatakan hasil pemilihan hari Ahad pekan lalu itu tidak mencerminkan kehendak masyarakat. Parlemen juga menyatakan ketidakpercayaan mereka kepada panitia pemilihan, yang menyatakan bahwa Perdana Menteri Viktor Yanukovych yang didukung oleh pemerintahan Moskow sebagai pemenang pemilihan itu.

Penantang dari kelompok oposisi Viktor Yuschenko, dan juga Uni Eropa, menuntut diadakannya pemilihan ulang.

Mahkamah Agung, yang memiliki wewenang untuk memerintahkan pemungutan suara ulang, diperkirakan akan mengeluarkan keputusannya hari Senin ini.

Sementara itu, ribuan pendukung Yushchenko terus berpawai dengan damai di jalan jalan kota Kiev, yang telah mereka lakukan hampir satu pekan.

Para analis mengatakan pertikaian itu telah memperdalam jurang pemisah di Ukraina antara rakyat yang berhaluan nasionalis di bagian barat Ukraina dan rakyat di bagian timur Ukraina yang menggunakan bahasa Rusia.

XS
SM
MD
LG