Tautan-tautan Akses

Iran Masih Berbeda Pendapat Dengan IAEA Soal Pembekuan Program Nuklir - 2004-11-27


Iran menyatakan bahwa masih ada perbedaan pendapat dengan Badan Tengaga Atom Internasional [IAEA] mengenai rencana untuk membekukan program peningkatan mutu uranium Iran.

Para diplomat IAEA di Wina telah berusaha untuk meyaknikan Iran agar menarik kembali permintaan dikecualikannya 20 fasilitas sentrifugal dari persetujuan yang dicapai 14 November yang menghentikan program peningkatan mutu uranium, suatu proses yang dapat menciptakan bahan bakar untuk tenaga listrik atau untuk senjata nuklir.

Menteri LN Iran Kamal Kharrazi mengatakan, di Teheran Saptu ini, persetujuan yang dicapai di Paris tidak melarang penggunaan fasilitas sentrifugal bagi riset dan program pengembangan di bawah pengawasan IAEA.

Para pejabat IAEA sedang mempertimbangkan apakah akan mengajukan kasus program nuklir Iran kepada Dewan Keamanan PBB bagi kemungkinan dikenakannya sanksi terhadap Iran karena kegiatan nuklirnya.

AS menyatakan, Teheran secara rahasia mengembangkan senjata nuklir. Iran menyatakan, program nuklirnya hanya untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG