Tautan-tautan Akses

Pejabat Irak Tetapkan 30 Januari Sebagai Tanggal Baru Pemilu Pertama Pasca Saddam - 2004-11-21


Para pejabat Irak mengatakan tanggal 30 Januari telah ditetapkan sebagai tanggal baru untuk pemilihan nasional pertama negara yang dikoyak perang itu sejak pasukan koalisi pimpinan Amerika menggulingkan rejim Saddam Hussein.

Seorang jurubicara komisi pemilihan Irak, yang berbicara kepada para wartawan hari Ahad ini, tidak memberikan alasan atas perubahan hari pemilihan, yang ditunda tiga hari dari rencana pemilihan sebelumnya yang dirancang oleh pemerintahan interim Irak di Baghdad. Masih berlangsungnya serangan terhadap pasukan koalisi oleh kaum pemberontak Irak telah menjadi sumber kekhawatiran bagi para pejabat Irak dan Amerika dengan semakin mendekatnya saat pemilihan.

Serangan yang dilakukan oleh pasukan koalisi di Fallujah bulan ini bertujuan untuk menstabilkan daerah yang berkecamuk itu sebelum masa pemilihan. Para pejabat Amerika mengatakan pasukan Amerika dan Irak telah menahan 1450 orang selama serangan di Fallujah itu, tapi kira-kira sepertiga dari tahanan itu telah dibebaskan, setelah para penyelidik memutuskan bahwa mereka tidak terlibat dalam pertempuran itu.

XS
SM
MD
LG